Ir Rusliadi MSi (kiri) dan Ir Ridar Hendri MSi

PEKANBARU, SEPNews: Ir Ridar Hendri MSi, dosen Sosial Ekonomi Perikanan (SEP) Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau (FPK Unri), diputuskan menjadi Sekretaris Senat Dosen FPK masa bakti 2022-2026 dalam rapat perdana majelis perwakilan dosen tersebut, Senin (30/5/22). Dia mendampingi Ir Rusliadi MSi (dosen Budidaya Perikanan/BDP) yang terpilih sebagai Ketua Senat. Keduanya menggantikan ketua dan sekretaris lama, masing-masing Prof Dr Tengku Dahril MSc (Manajemen Sumberdaya Perairan/MSP) dan Dr Zulkarnain Umar SPi MSi (SEP) yang habis masa baktinya.

Rapat pemilihan yang dipimpin Prof Tengku Dahril dan Hazmi Arief SPi MSi (SEP) sebagai anggota senat tertua dan termuda, dihadiri 23 dari total 30 anggota senat yang baru. Tujuh lainnya menyatakan izin karena ada tugas lain. Saat Prof Tengku meminta anggota yang berminat menjadi calon ketua agar mengacungkan jari telunjuk, hanya dua anggota yang tunjuk tangan: Rusliadi dan Ridar Hendri. Namun voting suara tak dilakukan, karena semua peserta rapat minta azas musyawarah mufakat didahulukan. Kedua calon diminta berunding untuk memilih posisi pimpinan. Hasilnya, Ridar Hendri menyatakan bahwa Rusliadi jadi ketua, dan dirinya sekretaris.

Rusliadi adalah alumni FPK angkatan 1981, setahun di bawah Ridar. Namun semasa menjadi mahasiswa, keduanya sama-sama aktivis kampus: Rusliadi Ketua Badan Perwalilan Mahasiswa, sementara Ridar pengurus Senat Mahasiswa. Rusliadi dalam sambutan perdana sesaat setelah terpilih menjadi ketua menyatakan akan berupaya membawa Senat FPK menjadi lembaga perwakilan dosen tersebut menjadi lebih produktif. “Kita ingin senat fakultas ini tak hanya berperan sebagai lembaga yang memilih dekan, tapi juga memberikan masukan yang konstruktif kepada pimpinan fakultas agar FPK kian maju dan cemerlang,” ujarnya. Karena itu dia menghimbau agar seluruh anggota senat menyiapkan pemikiran-pemikiran yang bernas untuk disumbangkan ke pimpinan fakultas.

Dia juga mengharapkan seluruh anggota senat harus kompak dalam membela kepentingan fakultas di tingkat universitas. Ïni penting agar dalam pengembangannya ke depan, fakultas tak dipandang sebelah mata oleh universitas. “Karena itu, saya pribadi berpandangan, fakultas harus bisa menempatkan dosen-dosen potensial untuk duduk sebagai petinggi di tingkat universitas seperti selama ini,” katanya mengingatkan.

Dia juga mengatakan bahwa Pemilihan Rektor Unri dan Dekan FPK yang akan diselenggarakan beberapa bulan ke depan, adalah momen peristiwa yang patut dipikirkan dengan matang, demi keberlanjutan nama besar Fakultas Perikanan dan Kelautan yang sangat fenomenal di masayarakat selama ini *(rdh)

Leave a Reply