Foto Bersama dengan Kabid Pelayanan Teknik BBRSEKP

Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau (Faperika Unri) menjalin kerjasama ilmiah dengan Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan (BBRSEKP). 

Penandatanganan naskah kerjasama itu dilakukan Dekan Faperika Unri diwakili Wadek Kerjasama Dr Ir Ridwan Manda Putra dan Kabid Pelayanan Teknik BBRSEKP Sinta Nurwijayanti SPi MSE MA di Ancol Jakarta, Rabu (27/11). Dr Ridwan didampingi Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan Ir Eni Yulinda MP dan staf Hazmi Arief SPi MSi.

Kerjasama yang dijalin itu meliputi riset bersama, magang mahasiswa, publikasi bersama hasil penelitian, kuliah umum ke Universitas Riau, workshop, seminar, analisis data, “knowledge sharing” (pertukaran data dan informasi ilmiah) dan sebagainya.

Dr Ridwan Manda Putra merasa senang dengan ditandatanganinya naskah kerjasama ini karena membuka jalan untuk mengembangkan institusi masing-masing. “Di era globalisasi dan teknologi informasi sekarang ini, kita tidak bisa lagi bekerja sendiri-sendiri. Harus saling bekerjasama,” katanya dalam siaran pers yang diterima berazam, Rabu (29/12) siang.

Sinta juga merasa bahagia, karena dengan kerjasama ini, pihaknya bisa lebih melebarkan jangkauan penelitian hingga ke daerah-daerah, khususnya Riau. Sebab sudah ada partner di daerah. “Kami juga perlu dukungan perguruan tinggi terutama untuk pengembangan kualitas jurnal-jurnal yang kami terbitkan,” ujarnya.

Dengan adanya kerjasama ini, ke depan mahasiswa Faperika Unri sudah bisa melakukan praktek magang di BBRSEKP, sementara dosen dan para periset Sosek KKP juga bisa meneliti bersama, mengolah data bersama dan mempublikasikan hasil riset secara bersama-sama pula.

Selain itu, tiga jurnal ilmiah yang diterbitkan BBRSEKP juga boleh diisi oleh para dosen Faperika Unri. Setiap tahun balai riset itu juga menggelar seminar nasional yang juga boleh diikuti para dosen dari Unri. Bahkan, pakar-pakar BBRSEKP pun sangat bersedia memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Faperika Unri, jika dibutuhkan.*